Yamaha YZF-R1 2013
Artikel Otomotif

Perbedaan Suara Knalpot Mesin Satu Silinder dan Dua Silinder

Yamaha YZF-R1 2013
Foto: yamahamotorsports

Salam sobat JagatOtomotif, punya motor sport memang sangat menyenangkan, mulai dari dapat meningkatkan rasa percaya diri alias PEDE, meningkatkan strata sosial dimasyarakat hingga dapat pamer ke teman-teman (yang terakhir tidak usah ditiru ya! tidak baik) :D

Jika kalian memperhatikan motor sport yang ber-CC besar alias Moge pasti suaranya agak berbeda dengan motor yang biasanya, untuk menjelaskan hal tersebut kali ini saya akan membahas seputar suara mesin motor satu silinder, dua silinder atau multi cylinder agar dapat anda mengerti dengan jelas.

Mesin Satu Silinder (Single Silinder)

Mesin motor ini biasanya banyak digunakan pada motor yang ber-CC kecil, karena tidak terlalu membutuhkan akselerasi. Jika kalian memperhatikan suara mesin ini pasti kurang enak didengar, apalagi jika menggunakan knalpot racing, karena dalam satu putaran mesin hanya terdengar satu hentakan piston, oleh sebab itu jeda suaranya terdengar lebih jelas, tetapi menurut saya kurang enak didengar atau lebih kasar.

Motor-motor yang menggunakan sistem ini kebanyakan ada di CC 150 kebawah seperti motor-motor bebek, kalau untuk motor sport contohnya Vixion, Yamaha R15, CB150, CBR150, dll. Bahkan CBR250 masih menggunakan mesin satu silinder.

Mesin Multi Silinder sejajar

Untuk mesin multi silinder sejajar biasanya terdapat pada motor besar yang membutuhkan akselerasi tinggi, suara yang dihasilkan pun lebih halus dibanding mesin single silinder, karena pada satu putaran mesin terdengar lebih dari satu kali hentakan piston dalam satu knalpot dan jedanya lebih singkat, oleh sebab itu suaranya lebih halus, jika menggunakan knalpot racing suaranya lebih merdu dan enak didengar, coba saja kalian dengarkan suara mobil yang menggunakan knalpot racing, lebih enak didengar kan? itu karena mobil menggunakan lebih dari dua silinder/piston.

Motor yang menggunakan tipe multi silinder contohnya Ninja250, Ninja300, Yamaha R1, Yamaha R25, Yamaha R6, dll

Nah sudah sudah sedikit mengerti tentang beda suara knalpot mesin satu silinder dan multi silinder? Sekarang tentukan pilihan anda dengan bijak, apakah mesin satu silinder atau multi silinder? tentunya yang multi silinder lebih mahal harganya dan perawatannya :D

4 Replies to Perbedaan Suara Knalpot Mesin Satu Silinder dan Dua Silinder

  1. Om, aku mau tanya. Motorku 1 silinder gl pro knalpotnya 1. Kalau misalnya aku buat leher knalpotnya 1 tapi di pertengahan aku bagi 2 jadi maksudnya di ujung akan ada 2 lubang pipa pembuangan. Klo dari segi suara apakah ada bedanya atau tidak ya??

  2. kalo motor 1 silinder bisa ga jadi suara 2 silinder? seumpama leher knalpot satu, ditengah menjadi cabang 2 knalpot racing truss pembuangan tetap satu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.