Motul Ester 5100
Pelumas

Pengalaman Menggunakan Oli Motul Ester 5100 10w-40

Oli merupakan salah satu zat yang digunakan sebagai pelumas, entah itu sebagai pelumas mesin, rantai, atau bagian-bagian lain yang bergesekan agar tidak terjadi aus, karat dan lain sebagainya.

Yang kita bahas (review) sekarang adalah oli sepeda motor merk Motul Ester 5100 10w-40.

Motor Pengujian Motul Ester 5100 10w-40

  • Old Vixion
  • Tahun produksi 2013
  • Settingan mesin standar

Spesifikasi Oli

  • Application          : Engine lubricants
  • Engine Type        : 4-Stroke
  • Quality                 : Technosynthese
  • Product Range    : Motorcycle
  • Viscosity              : 10W-40
  • API Standards     : API SL/SJ/SH/SG
  • JASO Standards : JASO MA M033MOT055

Awal saya menggunakan oli motul dikarenakan tidak puas dengan peforma oli bawaan, dan ketika mencari-cari tentang oli yang bagus untuk motor Yamaha Vixion di forum-forum banyak yang menyarankan menggunakan Motul, tak lama setelah itu saya langsung mencari oli tersebut di bengkel dan dapatlah oli Motul Ester 5100 10w-40 1 liter, saat itu harganya Rp.100.000,- cukup mahal memang bagi sebagian orang, tapi apa boleh buat karena saya udah terlanjur penasaran dengan oli itu, langsung saya beli :-)

Saya tidak langsung menggantinya di bengkel, karena dalam hati ingin bisa mengganti oli sendiri. Setelah sampai dirumah, langsung matikan mesin motor dan menunggu sampai mesin dingin baru ganti oli. Setelah mengganti oli, saya tidak langsung mencobanya karena sudah malam.

Keesokan harinya langsung saya coba untuk berangkat kuliah jam 6.00, maklum jarak dari rumah ke kampus cukup jauh, sekitar 27 KM.

Saat memasukkan gigi pertama terasa lebih enak dari biasanya, dan ketika ditengah perjalanan yang saya rasakan getaran mesin jadi tidak terlalu terasa, dan langsung tarik gas untuk mencoba di RPM atas dan getaran mesin masih enak, ini menunjukkan oli bekerja dengan baik sebagai peredam getaran.

Tidak lama setelah itu ada pengendara vixion yang menyalip kencang, dalam hati “Pas ini untuk menjajal performa Motul Ester 5100 10w-40” langsung saya kejar, Motul enak juga buat diajak balapan, akselerasinya lumayan.

Tetapi saat di lampu merah dari keadaan stop dan go saya sering ketinggalan, tapi maklum karena vixion yang saya ajak balapan sudah menggunakan knalpol Racing, tentu saja akselerasinya lebih baik dari pada knalpot standart, tetapi waktu sudah jalan saya masih bisa mengimbangi. Bayangkan jika saya juga memakai knalpot Racing :-)

Suhu mesin juga menjadi lebih dingin, ditunjukkan dengan kipas radiator yang jarang menyala, biasanya waktu menggunakan oli standart pabrikan, ketika sampai dikampus kipas radiator sering menyala.

Setelah mencapai KM 1500an menggunakan Motul Ester 5100 10w-40, oli saya cek ternyata kondisinya masih cukup baik, mungkin dikarenakan oli terbuat dari bahan Full Synthetic, sehingga lebih stabil dan awet daripada oli Mineral atau Semi Synthetic.

Kesimpulan

Motul Ester 5100 10w-40 bisa diandalkan sebagai alternatif pengganti oli standart pabrikan, oli ini dapat mengurangi getaran mesin saat berkendara, meningkatkan akselerasi, dan dapat mendinginkan mesin.

Tetapi dari semua keungulan tersebut, kita harus membayar mahal untuk membeli oli tersebut.

9 Replies to Pengalaman Menggunakan Oli Motul Ester 5100 10w-40

  1. Motul yg agan pake belum full sintetik tapi masih semi gan
    untuk motul seri diatas 6 baru full sintetik.

    lari makin enteng…jangan lupa ngerem gan…

  2. josss dah reviewnya..

    emang di komunitas CBR, R15, Ninja juga pada rekomendasi oli ini. harganya emang 2x lipet oli biasa, tp sebanding dengan kualitasnya.

  3. oli mahal asal dapat yg asli dijamin gak mengecewakan ane udah coba beberapa bulan pake 5100 mantap gan berhubung beberapa bulan ini kantong tipis balik pake shell advance ax7 itu pun untuk motor stndar udah lebih dari cukup

  4. Memang modul luar biasa, sy dah merasakan dr th 2000, awalnya takut pakai oli karena banyak yg di palsukan sy cari oli ada oli yg mahal waktu itu masih 70rb harganya, sy cb ternyata benar2 mantap dr akselerasinya bgs sekali gigi ringan & mesin bertenaga. Saya patok dengan 4000km msh enak. Motul memang rajanya oli sesuai harganya. Top banget ppkokya. Bagi yg belum cb silahkan 1 kali pasti ga akan pindah ke yg lain.

  5. Oli merk apa aja tetep sama aja yg pnting rutin ganti oli ama servis..pcuma aja oli harga mahal tp ngak tau perawatan&pemakaian motor yg ngak tau aturan…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.