Motor touring
Motor

Motor Touring


Touring memang kegiatan yang sangat menyenangkan, selain untuk melepas penat kegiatan ini juga bisa dijadikan sebagai sarana untuk mengenal lebih jauh tempat-tempat yang sebelumnya belum pernah dikunjungi.

Salah satu kendaraan yang digunakan untuk touring ialah Sepeda Motor (roda 2), walau sebenarnya touring dengan mobil juga ada namun lebih populer menggunakan kendaraan roda 2.

Kendaraan roda 2 pun banyak jenisnya mulai dari yang digunakan hanya untuk dalam kota, racing atau pecinta kecepatan, jarak jauh, angkutan, atau bahkan ojek.

Kendaraan yang diperuntukan untuk touring ada berbagai macam jenisnya, ada yang dibedakan berdasarkan CC mesin dan jenis transmisinya.

Motor Touring Berdasarkan Kapasitas Mesin (CC)

Kali ini JagatOtomotif coba membagi motor touring berdasarkan kapasitas mesin menjadi 2 bagian, yaitu dibawah 700cc, dan diatas 700cc.

Motor Touring dibawah 700cc

Untuk jenis motor touring dibawah 300cc biasanya diperuntukan untuk jarak yang tidak terlalu jauh dan medan yang santai, karena biasanya fitur-fitur pada motor ini kurang lengkap namun masih bisa dijadikan untuk kegiatan touring bersama teman-teman. Dan sekarang banyak sekali motor baru yang memiliki kapasitas mesin kecil namun memiliki fitur lengkap.

  • Honda Verza (Honda CB150 Verza)
Honda verza 150
Honda verza 150, instagram @vic_lombok

Honda Verza memiliki penampilan yang sederhana dan tidak neko-neko, harganya juga murah namun kenyamanan berkendara yang dihadirkan pada motor 150cc ini cukup nyaman, posisi berkendara tidak membuat anda cepat pegal-pegal untuk perjalanan jarak jauh.

  • Honda MegaPro PGM-FI
Honda megapro
Honda megapro, instagram @deden_hermawan011

MegaPro merupakan salah satu motor legend dari Honda yang terkenal nyaman digunakan, maka dari itu motor ini sangat cocok untuk perjalanan jarak jauh, namun karena body nya yang terkesan om-om atau bapak-bapak, banyak anak muda yang kurang suka.

  • Yamaha MT-25
Yamaha MT-25
Yamaha MT-25, instagram @khaidir.ali93

Motor keluaran produsen Yamaha ini memiliki kapasitas mesin 250cc dengan segmen naked bike, motor ini sangat sering dijadikan motor untuk kegiatan touring, mengingat harganya yang masih masuk dikantong namun memiliki performa yang cukup baik, posisi berkendaranya juga lumayan enak untuk jarak jauh.

  • Yamaha Xabre 150
Yamaha xabre
Yamaha xabre, instagram @alivskuy.02

Untuk Yamaha Xabre 150 sebenarnya posisi duduk nya agak membungkuk sedikit namun masih nyaman untuk jarak jauh sehingga JagatOtomotif masih memasukkan motor ini kedalam list motor yang cocok dijadikan motor touring.

  • Yamaha All New Byson FI
Yamaha byson
Yamaha byson, instagram @rifqinasrullohnasrulloh

Sebenarnya Yamaha Byson akhir-akhir ini kurang diminati karena bentuk bodinya, namun sebenarnya motor ini punya posisi berkendara yang enak dan nyaman untuk jarak jauh, kapasitas mesinnya juga kecil 150cc sehingga cukup irit jika digunakan untuk perjalanan touring.

  • Kawasaki Versys-X 250
Kawasaki versys-x
Kawasaki versys-x, instagram @ride4beautiful_indonesia

Kawasaki Versys-X 250 memiliki 2 tipe yaitu versi “Tourer” dan “City” perbedaan keduanya yaitu versi Tourer lebih lengkap seperti tersedia side panniers, fog lamps, engine guard, hand guard, dan DC outlet yang diperuntukan untuk touring jarak jauh, sedangkan versi City tidak memiliki tersebut, namun soal posisi berkendara keduanya mirip dan sama-sama nyaman dikendarai jarak jauh.

  • BMW G310GS
BMW G310GS
BMW G310GS, instagram @sanjuvk

Siapa yang tidak kenal BMW produsen yang terkenal dengan produk mobilnya ini ternyata juga motor yang tidak kalah menarik, yaitu BMW G310GS motor ini terkenal dikalangan para penggemar touring, karena kenyamanan saat dikendarai jarak jauh.

Motor Touring diatas 700cc

Untuk motor touring diatas 700cc ini bisa dikategorikan moge (motor gede), dengan kapasitas mesin yang besar pastinya sangat enak dikendarai jarak jauh dan biasanya motor touring dengan kapasitas besar sudah dilengkapi banyak fitur-fitur keamanan yang memadai.

  • Yamaha MT-09 Tracer
Yamaha MT-09 Tracer
Yamaha MT-09 Tracer, instagram @rockvan.indonesia

Yamaha MT-09 memiliki kapasitas mesin 850cc dengan 3 silinder, motor ini sangat tangguh untuk penggunaan touring dilengkapi dengan fitur Switchable Traction Control System (TCS) dan instrument panel Full Digital yang modern.

  • Honda CRF1000L Africa Twin
Honda CRF1000L Africa Twin
Honda CRF1000L Africa Twin, instagram @fynn161

Kapasitas mesin 998cc membuat motor ini memiliki tenaga yang besar untuk digunakan sebagai motor touring, posisi berkendara nyaman dan tidak bikin pegal, terdapat juga fitur HSTC (Honda Selectable Torque Control) yang membuat mesin lebih optimal dan fitur ABS yang wajib ada di motor touring untuk pengereman yang aman.

  • Triumph Tiger 800
Triumph Tiger 800
Triumph Tiger 800, instagram @manildhawan

Triumph mungkin di Indonesia kurang terkenal, karena harganya yang mahal, wajar karena biasanya motor eropa harganya lebih mahal daripada motor jepang, namun motor ini memiliki kualitas yang baik dan masuk sebagai salah satu motor touring terbaik.

  • Ducati MultiStrada 950
Ducati MultiStrada 950
Ducati MultiStrada 950, instagram @motolistit

Ducati terkenal dengan motor sport yang kencang, namun produsen ini juga mengeluarkan seri Touring atau Adventure yang tidak kalah tangguh yaitu Ducati MultiStrada 950 dengan kapasitas mesin 937cc. fitur pendukung, seperti ABS, Ducati Traction Control, dan Riding Mode tak lupa disematkan pada motor ini.

Motor Touring Berdasarkan Jenis Transmisi

Jika kebanyakan motor touring mempunyai transmisi manual ternyata ada juga motor matic yang nyaman dijadikan motor touring.

Motor Touring Matic

Karena menggunakan transmisi otomatis (matic) anda tidak perlu repot-repot mengganti transmisi saat berkendara, dan lebih santai. Biasanya hal yang membuat cepat lelah saat berkendara adalah mengganti transmisi.

  • Yamaha NMAX
Yamaha nmax
Yamaha nmax, instagram @ridaputera_

Yamaha NMAX memiliki kapasitas mesin 150cc, dengan mesin kecil ini konsumsi bahan bakar akan lebih rendah. Walaupun kapasitas mesin kecil namun posisi berkendara cukup nyaman untuk digunakan jarak jauh.

  • Yamaha XMAX
Yamaha xmax
Yamaha xmax, instagram @fikri_prtmn @fp.project19

Hampir sama dengan yamaha NMAX namun dengan kapasitas mesin yang lebih besar membuat tenaga yang dihasilkan motor ini cukup untuk digunakan pada medan yang berat.

  • Honda PCX 150
Honda PCX 150
Honda PCX 150, instagram @hondapacificmotor

Motor ini merupakan saingan dari Yamaha NMAX namun dengan desain dan mesin khas honda yang lebih halus, teknologi yang disematkan honda pada motor ini adalah PGM-FI dan eSP.

Motor Touring Manual

Untuk motor dengan transmisi manual kebanyakan sudah kami bahas diatas jika ada saran motor apa lagi yang cocok dijadikan motor touring beri tahu kami di kolom komentar.

Sudah memutuskan untuk memilih motor mana yang cocok untuk anda? Semoga bermanfaat.

One Reply to Motor Touring

  1. motornya apa aja, yang penting sebelum atau sesudah turing kudu dicek lagi yaa oli mesinnya. aku soalnya gitu min, kalo mau turing ganti federal oil nya, sesudah turung juga kudu diganti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.