Oli Motul 3100 VS TOP 1 MC
Pelumas

Review Oli Motor Terbaik: Motul 3100 & TOP 1 MC

Kebutuhan berkendara yang tinggi di Indonesia lebih didominasi oleh sepeda motor. Selain harganya memang terjangkau, sepeda motor memiliki kelebihan yaitu bodi yang ramping sehingga bisa melewati jalan-jalan.

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), tercatat ada 143 juta unit motor yang beredar di Indonesia pada tahun 2019. Tentu kemacetan sangat wajar bila terjadi di Indonesia, terlebih di kota-kota besar.

Meski demikian, jumlah kendaraan yang banyak menjadi angin segar bagi para produsen oli atau pelumas mesin. Berbagai merek berlomba-lomba memberikan kualitas oli terbaik, seperti Motul dari New York dan TOP 1 dari California.

Kedua merek pelumas yang berasal dari Amerika Serikat tersebut sudah menyasar Indonesia sebagai pasar potensial. Selain itu, proses pemilikan kendaraan di Indonesia memang terbilang sangat mudah.

Pada artikel kali ini, kami akan melakukan perbandingan dan kelebihan dari dua oli motor underbone atau bebek terbaik yakni Motul 3100 dan TOP 1 MC. Keduanya memiliki tempat di hati konsumen di Indonesia, apalagi yang setia dengan motor bertransmisi manual.

Lantas, dari kedua oli tersebut, pilihan mana yang cocok untuk perawatan motor yang tepat? Puaskah para pelanggan dengan dua oli motor tersebut? Simak ulasan selengkapnya yuk!

TOP 1 MC

TOP 1 MC
TOP 1 MC

Oli motor terbaik satu ini memiliki kelebihan untuk menjaga kegiatan sehari-hari dalam berkendara lebih optimal. Motor yang menggunakan TOP 1 MC akan lebih baik karena memiliki beragam sertifikasi dan standar oli resmi.

TOP 1 sendiri memiliki banyak teknologi dengan performa oli sintetik yang dirancang khusus untuk memenuhi spesifikasi motor manual. Segala rancangan pabrik baik Jepang maupun Eropa bisa mengandalkan oli satu ini.

TOP 1 MC memiliki beragam teknologi terdepan seperti sertifikasi JASO MA2 terbaru di tahun 2016. Oli satu ini mampu memberikan pengalaman perpindahan transmisi yang lebih halus sesuai dengan standar pabrikan motor-motor Jepang maupun Eropa.

Perpindahan gigi atau transmisi akan lebih mulus dengan teknologi pelumas TOP 1. Bahkan, penambahan teknologi lain dan kandungan sintetik menjaga lapisan perlindungan mesin lebih terjaga.

Adapula teknologi anti aus dan korosi guna membersihkan mesin kendaraan dari berbagai macam penimbunan kotoran. Untuk informasi lengkapnya, berikut teknologi yang ada di TOP 1 MC:

  • JASO MA2 2016: Hadirkan transmisi yang lebih halus

Salah satu kode oli untuk motor transmisi adalah JASO MA2. Untuk oli di motor transmisi memang tidak bisa disepelekan, apalagi kebutuhan perpindahan gigi yang cepat dan halus sangat diperlukan.

  • Anti Wear & Anti Corrosion Additives: Mesin lebih bersih dan terawat

Teknologi satu ini dapat menjaga dan merawat kebersihan mesin lebih menyeluruh. Kandungan aditif khusus berfungsi untuk membersihkan dan mencegah kotoran yang melekat dalam bentuk endapan.

  • Maximum Protection: Masa pakai lebih lama dan awet

Perlindungan mesin merupakan hal yang penting. Apalagi motor yang digunakan dipakai dalam waktu yang lama sehingga oli dengan kadar sintetik yang tinggi sangat dibutuhkan.

TOP 1 MC sendiri merupakan produk khusus untuk motor transmisi yang tersedia dalam kemasan 800 ml dan 1 liter. Ada banyak spesifikasi yang ditawarkan, seperti 10W-40, 10W-30, dan 20W-50.

Beragam motor pun cocok dengan oli satu ini, seperti pabrikan Honda, Kawasaki, Yamaha, Suzuki, dan lain sebagainya.

Dan dengan segudang kelebihan yang ditawarkan, TOP 1 MC dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau Rp 52.000 pada kemasan 1 liter. Seri oli TOP 1 satu ini tentu menjadi pilihan yang tepat untuk motor kesayangan kamu.

Lalu, bagaimana dengan formula oli Motul?

Motul 3100

Motul 3100
Motul 3100, instagram @tomme______

Oli motor yang dibentuk di New York dan didirikan pada tahun 1853 ini juga tidak ketinggalan menghadirkan formula oli motor transmisi manual bagi para pengguna setianya.

Motul diformulasikan secara khusus untuk mesin motor underbone baik cc rendah hingga yang tinggi. Oli satu ini juga berfungsi menjaga pertukaran gigi yang halus dan kuat agar berkendara menjadi nyaman.

Motor transmisi manual memang memiliki pertukaran gigi yang sangat kompleks, apalagi dengan sistem kopling. Kandungan Technosynthese dari Motul 3100 juga membawa teknologi luar biasa untuk motor kesayangan kamu, seperti:

  • Technosynthese: Formulasi sintetis untuk umur pemakaian lebih lama

Menjaga mesin dengan lebih baik, melekat dalam waktu yang lama dan menjaga umur pemakaian lebih lama. Buat mesin lebih awet dengan formulasi yang tidak cepat aus.

  • JASO MA2: Dirancang khusus di motor transmisi manual

Memiliki sertifikat dan standar khusus bagi motor-motor yang menggunakan transmisi manual. Menjaga kinerja tetap terjaga baik dalam pemakaian yang lama dan tingginya stress di jalanan saat berkendara.

Baik oli motor Motul 3100 dan TOP 1 MC memiliki kadar sintetis yang tinggi. Fungsinya memang sangat penting agar motor lebih awet dan tidak boros oli.

Botol Motul 3100 sendiri memiliki ukuran 800 ml dan 1 liter. Untuk spesifikasi, Motul 3100 tersedia dengan 10W-40 dan 15W-50 dengan kisaran harga yang lebih mahal yaitu di rentang Rp 80.000 sampai Rp 120.000.

Keduanya sama-sama memiliki spesifikasi yang baik untuk motor transmisi manual kesayanganmu. Namun hal yang menjadi perhatian adalah harga mengingat Motul 3100 memiliki harga yang mahal meski tidak full sintetik.

Lagi-lagi pilihan berada di tangan kamu, mau mempercayakan Motul 3100 atau TOP 1 MC untuk kendaraan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.