DENSO U20EPR9, NGK CR8E
Pengalaman Pribadi, Tips Trik

Jangan Sampai Dibohongi Mekanik Bengkel Resmi

DENSO U20EPR9, NGK CR8E

Ini cerita pengalaman pribadi saya dibohongi oleh mekanik bengkel resmi. Saat itu saya sedang servis motor kesayangan sekalian membersihkan filter udara (saringan udara) karena sebelumnya kena abu gunung kelud, nah ketika itu busi juga di cek oleh mekanik, waktu lagi nunggu servis saya dibanggil oleh salah seorang mekanik disana, dalam hati ada apa ini kok di panggil segala, ternyata dia bilang busi yang saya gunakan tidak cocok untuk motor vixion karena menggunakan injeksi jadi businya harus yang ada resistornya, memang sih businya sudah pernah diganti dengan merk Denso U20EPR9, katanya itu busi untuk motor jupiter dan minta saya untuk menggantinya dengan yang ada resistornya, yang ada kode R di businya, karena kalau tidak, bisa menggangu sistem Full Injection (FI). Kalo dipikir-pikir kayaknya dulu perna nyari di internet kalau busi Denso U20EPR9 bisa digunakan untuk motor sistem injeksi, dari pada salah saya nurut aja sama mekaniknya, untung saja saya masih membawa busi yang lama yang merk NGK CR8E dan minta mekaniknya untuk pakai yang lama saja tidak usah ganti.

Setelah sampai rumah saya coba cek apa benar busi Denso U20EPR9 tidak cocok dimotor injeksi, dan ternyata busi itu aman-aman saja dan mempunyai resistor ditandai dengan kode U pada tipenya untuk merk Denso, dan ternyata untuk kode R sendiri itu untuk busi NGK. Kalau memang dapat menggangu sistem injeksi maka dari dulu motor vixion saya sudah tidak enak untuk dipakai, padahal juga dulu gantinya sudah lama pas habis lebaran sekitar bulan Agustus dan mekaniknya baru bilang bas bulan Februari, kan gak lucu banget sudah 5 bulan baru ngomong gak cocok? padahal saya servis juga ditempat yang sama terus, masak ya gak tau, atau ada konspirasi?

Sekarang sudah tau kan bedanya? Maka dari itu sebagai konsumen kita harus cerdas, minimal tau lah, jangan sampai dibohongi oleh penjual. Kalau saja waktu servis kemaren itu saya ngeyel pasti malu mekaniknya,hehe ya mungkin mereka juga manusia yang bisa saja salah, jangan berpikiran buruk terhadap mereka ya, kasihan :D

Setelah kejadian tersebut saya langsung beli saja busi Iridium Denso biar lebih mantap,hehe simak pengalaman saya menggunakan busi Iridium Denso pada motor vixion.

salam jagatotomotif.com

3 Replies to Jangan Sampai Dibohongi Mekanik Bengkel Resmi

  1. Bro, Kode U di Busi Denso itu Ukuran Diameter Thread Busi.

    Baik NGK maupun Denso ya sama aja, R adalah singkatan Resistor,,, pada Denso U20EPR9 kan ada tuh Huruf R nya,,,

  2. Ati2 bro. Gua juga dibohongi mekanik bengkel resmi. Motorku klo pagi2 susah distart lalu aku bawa ke bengkel resmi, disana disuruh ganti sepul / generator dan aki, aku turuti. Tapi keesokan harinya. Masalah ga selesai. Besoknya aku bawa lagi ke sana. Tau ga jawabannya. Disuruh ganti silinder. Eidannn. Udah aku bawa pulang tuh motor. Terus aku buka lagi file lawasku soal vixion. Lau aku coba telusuri ternyata ada gangguan di throtle body nya or TPS. coba aku akali dengan pengapian besar, ternyata berhasil bro. Aku ganti dengan denso u20epr9. Itu busi dingin dibanding standartnya, so klo pagi hari langsung jreng. Berhasil bro. Selamat buat gua. Akhirnya uangnya buat yang lain ajh kalo y. Hehehe… mudah2an jadi inspirasi huat yang lain.

    1. Untung aja gak sampai habis banyak bro,wkwkw
      Eamang sering gitu sih, mereka gak mau ribet, ada masalah dikit apa2 langsung ganti, gak ditelusuri dulu masalah sebenarnya apa. Kita sebagai konsumen harus cerdas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.