honda civic top 1
Mobil, Pelumas

2 Jajaran Produk Oli Kental Untuk Kebutuhan Mobil yang Nyaman

Oli kental untuk mobil biasanya dipakai bagi kendaraan yang telah berumur atau sudah menempuh jarak yang jauh. Kebiasaan ini telah jamak ditemui pada pemilik kendaraan baik motor maupun mobil. Alasannya karena seiring berjalannya waktu dan penggunaan, komponen-komponen pada mesin mengalami keausan dan perubahan tingkat kerapatan.

honda civic top 1

Mesin yang telah mengalami penambahan gap atau tingkat kerapatan ternyata menimbulkan efek yang cukup beragam mulai dari oli yang merembes serta kehilangan daya sehingga performa mobil dirasa menurun.

Penggunaan oli yang lebih kental akhirnya dipilih untuk menyiasati kondisi ini. Namun dengan beragamnya tingkat kekentalan oli mesin di pasaran, kesalahan memilih pun dapat terjadi. Apa lagi bagi pengguna yang awam tentang seluk beluk dunia otomotif.

Berikut penjelasan singkat mengenai kekentalan oli yang wajib diketahui agar mobil kesayangan tetap terjaga performanya.

Kode Kekentalan Oli Mesin

Society of Automotive Engineers (SAE) merupakan lembaga internasional yang berlokasi di Amerika dan salah satu tugasnya adalah mengeluarkan standarisasi untuk pelumas kendaraan. Pada kemasan oli yang beredar terdapat kode SAE yang menunjukkan tingkat viskositas atau kekentalan dan stabilitas oli pada suhu tertentu.

Sebagai contoh, oli dengan kode SAE 10W-40 berarti pada suhu dingin kekentalan oli berada pada tingkat 10 pada indeks SAE. Huruf W yang ada pada belakang angka pertama merupakan singkatan dari kata Winter (musim dingin) dan menandakan tingkat kekentalan oli pada suhu dingin. Sedangkan angka 40 menjadi penunjuk kekentalan ketika oli berada di suhu yang panas atau saat mesin sedang berjalan.

Kekentalan Yang Tepat

Salah penggunaan kekentalan oli dapat berpengaruh buruk bagi kinerja mesin kendaraan. Oli yang kental memang memberikan efek pada suara mesin yang lebih halus dan menjanjikan umur pemakaian yang bisa lebih lama. Namun efek sampingnya tidak dapat dikesampingkan begitu saja, oli yang lebih kental dapat membebani kinerja mesin serta lebih lambat bersirkulasi ke seluruh bagian mesin.

Pada mesin mobil keluaran terbaru yang memiliki tingkat kerapatan mesin yang lebih baik, tentunya tidak memberikan nilai tambah jika menggunakan oli kental. Fungsi oli yang membantu mendinginkan ruang mesin menjadi tidak maksimal, belum lagi efisiensi bahan bakar juga bisa menurun.

2 Rekomendasi Oli Kental Terbaik

1. TOP 1 HP Sport 15W-40

TOP 1 HP Sport 15W-40 merupakan salah satu rekomendasi oli kental yang baik digunakan untuk mobil berusia 5 tahun ke atas. Perusahaan oli asal Amerika Serikat sudah memasarkan produk oli mesinnya di Indonesia selama lebih dari 40 tahun.

TOP 1 HP Sport  juga salah satu produk oli mesin yang memiliki kandungan sintetik yang direkomendasikan untuk meningkatkan kenyamanan berkendara.

Teknologi lain yang juga menambah keunggulan dan menjamin kenyamanan dalam berkendara antara lain:

  • Extra-Clean Aditif: Zat tambahan yang mampu mengikat kotoran dan mencegah kotoran kembali melekat.
  • Stop-And-Go Formulation:  Formula khusus yang diciptakan untuk membuat kinerja mesin tetap maksimal di situasi jalan yang tak menentu dan kemacetan.
  • Smooth Driving: Mempermudah starter awal dan sensasi berkendara yang lebih nyaman.

2. Shell Helix HX3 20W-50

Shell Helix HX3 20W-50 memiliki teknologi khusus yang disebut dengan Active Cleansing Tecnology. Teknologi ini mampu melindungi dan membersihkan mesin mobil mobil anda, baik berbahan bakar bensin maupun diesel. Kekentalan yang tinggi dapat mengurangi kebocoran yang umum terjadi pada mobil berkilometer tinggi. Performa Anda akan tetap tangguh dan terhindar dari masalah keausan.

Tunggu apalagi, gunakan produk terbaik dari TOP 1 untuk kendaraanmu sekarang. Beli secara langsung di bengkel terdekat atau melalui ecommerce resmi TOP 1 di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.